NGURI URI BUDOYO, PANEN P5 HARI PERTAMA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Dibuka dengan lenggak-lenggok penari yang memainkan jemari lentiknya. Bergerak mengalir mengikuti alunan musiknya. Memaknai setiap gerakan dengan senyum nan menawan.

Kalimat-kalimat di atas merupakan gambaran pembukaan panen karya P5 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Memanfaatkan lahan yang terbatas, dikarenakan renovasi sekolah, kegiatan panen karya hari pertama berjalan lancar.

Rabu, 12 Juni 2024 dipilih untuk melaksanakan panen karya hari pertama. Tiga tema yang diangkat tahun pelajaran ini yakni Bangun Jiwa Raga, Suara Demokrasi, dan Bhinneka Tinggal Ika. Ketiga tema tersebut dipadu apik menjadi panen karya. “Panen karya dalam kurikulum merdeka menjadi puncak kegiatan dalam kurikulum merdeka. Tetapi kembali lagi pelaksanaannya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing.” penggalan kalimat pada sambutan pengawas SMA, Dra. Galuh Wijayanti, M. Pd.

Masuk dalam gerbang suasana budaya sudah mulai terasa. Berbalut jarik menyelimuti tiang terlihat apik. Stand yang pertama dilewati adalah stand makanan tradisional. “Anak anak menjual makanan tradisional khas daerah yang mereka dapatkan waktu tema kebhinekaan. ” ungkap ketua panitia, Abdul Rohim.
Berbagai makanan tradisional dijajakan. Mulai dari minuman dawet khas Banjarnegara, mendoan asal Purwokerto, tahu aci asal Tegal, dan makanan tradisional lainnya. Melangkahkan kaki ke depan stand makanan disuguhkan tampilan. Ada yang menari, bernyanyi, teatrikal, dan kegiatan seni lainnya.

Menaiki tangga ke lantai dua disuguhkan dengan cinema antiperundungan. Sebanyak 19 film yang diproduksi anak anak saat tema Bangun Jiwa Raga diputar secara acak.
“Ruangan kami buat gelap dan senyap, biar serasa menonton di bioskop. ” ujar Dina selaku penanggung jawab.

Berbelok ke kanan sedikit, akan kita temukan galeri pameran. Dua tema galeri pameran disuguhkan yakni summer dan winter. Kumpulan hasta karya berubah miniatur rumah adat dan ensiklopedia budaya Jawa Tengah ditata secara apik dan estetis.
“Spot pameran serasa masuk ke museum. ” ujar salah satu pengunjung.

Lepas dari galeri pameran sudah disambut oleh stand makanan tradisional kembali. Keinginan untuk mencicipi makanan dan minuman tradisional pun kembali bergelora. Tak hanya stand makanan di spot akhir juga disuguhkan hiburan karaoke gratis.

Apakah ada yang berbeda di hari kedua panen raya esok hari? Eh..Rahasia.
Tetap ikuti perjalanan panen raya P5 SMA Sula 1 ya.
Nantikan beritanya esok hari. (LR)

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

TENTANG KAMI

Logo

SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG dapat mencetak generasi-generasi yang sukses Dunia dan Akherat. Oleh karena nya bukan hanya tujuan keberhasilan di dunia yang diutamakan namun juga tujuan keberhasilan di akherat sebagai tujuan akhir kehdiupan. Siswa diberikan bekal akademik dan bekal pendidikan agama Islam yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW berdasarkan Alquran dan Hadist.

KONTAK

    0248312631

    opsmaissula1smg@gmail.com

    SMA Islam Sultan Agung 1

Jl. Mataram No.657, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242